Sebagian dari kita mungkin masih sering bingung mengenai perbedaan antara 32-bit dan 64-bit pada Windows, Banyak orang yang belum mengerti apakah itu perbedaan OS 32 bit dan 64 bit, mereka berpikir bahwa software os 64 bit lebih bagus dari 32 bit, dan mereka langsung membeli, tapi ketika mereka hendak menginstall di komputer mereka, ternyata os tersebut tidak bisa diinstall pada komputer mereka, mengapa bisa demikian??

Untuk memahami hal tersebut pada posting kali ini akan dibahas apa itu sebenarnya 32 bit dan 64 bit.
atau masih ragu ketika harus memilih di antara kedua versi OS tersebut. lalu apa perbedaan dari 32-bit dan 64-bit tersebut?

System 32-bit memanfaatkan data dalam potongan 32-bit sedangkan sistem 64-bit memanfaatkan data dalam potongan 64-bit. Secara umum, semakin banyak data yang dapat diolah sekaligus, sistem semakin cepat beroperasi. Ada beberapa keuntungan lainnya untuk sistem 64-bit juga, paling praktis untuk kemampuan menggunakan jumlah data yang secara signifikan lebih besar dari memori fisik. 

Manfaat yang di dapat menggunakan windows 64-bit.
Manfaat menggunakan windows 64-bit paling terasa ketika anda mempunyai RAM dalam jumlah besar yang terpasang pada komputer anda, biasanya 4 Gb atau lebih. Windows 64-bit lebih efisien untuk menangani sejumlah besar memory dibandingkan versi 32-bit. Windows 64-bit lebih respontif  ketika menjalankan beberapa program dalam waktu bersamaan. Lalu dapatkah aplikasi-aplikasi yang support 64-byte tersebut contoh kecilnya misalnya Antivirus, Game, dll.

Apakah windows 32-bit berjalan pada windows 64-bit?
Jawabannya bisa, tetapi efeknya berjalan lebih lambat. Sedangkan untuk driver 32-bit tidak dapat berjalan pada windows 64-bit.

Dapatkah program/software 64-bit berjalan pada sistem operasi windows 32-bit?
Jawabannya adalah tidak, software 64-bit dirancang khusus hanya untuk windows 64-bit

Lalu bagaimana cara Mengecek & Mengetahui apakah komputer anda menggunakan 32-bit & 64 bit lalu supportkah dengan 64-byte komputer kita?
Ada berbagai cara untuk mengecek apakah windows kita support windows 32-bit & 64-bit salah satunya dengan satu software berikut ini yaitu menggunakan "64 bit checker". 
64 bit checker ini dapat anda download secara gratis di akhir artikel ini. pungsi dari tool 64-bit Checker ini Selain mengetahui processor anda support atau tidak 64-bit, tools ini juga akan memberitahukan kita jenis windows yang kita gunakan beserta versinya (32-bit atau 64-bit).
Berikut Gambaran Screenshoot dari tools 64 bit checker.


 Terdeteksi: Processor Support 64-bit
Sistem Operasinya 32-bit


Terdeteksi: Processor Support 64-bit
Sistem Operasinya 64-bit