ALAT MUSIK GESEK
1.      Biola
Alat musik gesek pertama yang tentu sudah tidak asing lagi bagi kita adalah biola. Biola merupakan alat musik modern yang lazim dimainkan dalam pertunjukan musik orkestra, jazz, pop, dan musik melayu. Alat musik ini memiliki 4 dawai yang diatur sedemikian rupa sehingga memiliki interval nada yang sempurna ketika digesek. Para pemain biola umumnya adalah wanita. Mereka dikenal dengan sebutan violinist.
1.      Contre Bass atau Double Bass
Contre bass atau double bass adalah biola berukuran besar yang pada umumnya dimainkan pada pertunjukan musik jazz, orkestra, musik bluegrass, country, dan musik rockabilly. Sesuai dengan namanya, alat musik gesek satu ini juga menghasilkan nada-nada rendah saat dimainkan. Selain digesek, ia kadang kali juga dibunyikan dengan cara dipetik. Di Indonesia, alat musik satu ini memang tidak begitu dikenal, namun di negara-negara Latin dan Eropa, ia selalu dimainkan mengiringi setiap pertunjukan musik. Alat Musik Gesek
2.      Viola Viola
adalah alat musik yang termasuk dalam keluarga biola. Banyak orang yang menganggap viola sama dengan biola. Namun keduanya sebetulnya berbeda. Perbedaan tersebut terletak pada ukuran dan nada yang dihasilkan. Viola umumnya berukuran lebih kecil dan menghasilkan nada yang lebih berat (rendah) dibandingkan dengan alat musik biola.
3.      Cello Cello atau Violoncello
merupakan alat musik yang masuk dalam keluarga biola. Ia berukuran lebih kecil dibandingkan double bass namun lebih besar dibandingkan biola. Alat musik ini merupakan instrumen yang wajib ada dalam pertunjukan musik klasik Eropa. Sedangkan di Indonesia, ia kurang begitu dikenal karena memang tidak biasa dimainkan dalam pagelaran musik tanah air.
4.      Rebab Rebab
merupakan contoh alat musik gesek tradisional yang berasal dari jazirah Arab. Alat musik satu ini umumnya akan hadir dalam pertunjukan seni musik Betawi atau gambang kromong serta pertunjukan-pertunjukan kesenian khas Jawa sebagai pelengkap iringan gamelan.
 5.      Hapetan
Hapetan berasal dari daerah Tapanuli ( Sumetera Utara ). Hapetan dimainkan dengan cara di gesek
6.      Ladolado
berasal dari daerah Sulawesi Tenggara. Alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara digesek.
7.      Tara wangsa
Adalah alat musik tradisional dari jawa barat yang dimainkan dengan cara digesek, alat musik ini memiliki 2 dawai, namun hanya 1 dawai saja yang dibunyikan dengan cara digesek.
8.      ERHU
merupakan alat musik tradisional Tiongkok yang paling populer di samping Guzheng dan Dizi, Secara umum, keluarga alat musik gesek ini dikenal juga dengan istilah huqin yang berarti "alat musik orang barbar", dinamakan demikian karena diperkenalkan oleh orang barbar yang berasal dari Asia Tengah.
9.      Nyckelharpa
adalah alat musik tradisional Swedia. Penampilan nyckelharpa mirip dengan biola. Alat musik ini menggunakan senar atau yang biasa disebut chordophone. Kunci untuk mengatur suara melekat pada garis singgung ketika tombol ditekan. Tombol ini berfungsi sebagai frets untuk mengubah pitch dari senar. Nyckelharpa dimainkan di sekitar leher, kemudian distabilkan dengan lengan kanan.
10.  BANHU
adalah salah satu alat musik gesek tradisional Tiongkok dari keluarga instrumen huqin. Banhu biasanya digunakan di daerah utara Tiongkok. Kata 'ban' berarti sepotong kayu dan 'hu' adalah kependekan dari huqin.




ALAT MUSIK PETIK
1.      Kecapi
adalah alat musik melodis tradisional asli Indonesia yang berasal dari daerah Sunda. Cara memainkannya yaitu dengan cara dipetik.
2.      Sasando
Alat musik melodis ini adalah alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Rote, Nusa Tenggara Timur.
3.      Mandolin
merupakan alat musik melodis tradisonal yang berasal dari negara Italia.
4.      Ukulele
Ukulele adalah alat musik petik sejenis gitar berukuran kecil, sekitar 20 inci, dan merupakan alat musik asli Hawaii ditemukan sekitar tahun 1879, Alat musik 'Ukulele' dalam bahasa hawaii artinya 'kutu loncat'.
5.      Harpa
Harpa atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Harp adalah jenis alat musik petik. Seringkali alat musik ini diilustrasikan bersama dengan para malaikat. Bentuknya tinggi, umumnya berwarna emas, dan memiliki senar. Biasanya berbentuk dasar segitiga
6.      Siter
Siter dan celempung adalah alat musik petik di dalam gamelan Jawa. Ada hubungannya juga dengan kecapi di gamelan Sunda, cara memainkannya dengan dipetik.
7.      Banjo
Banjo adalah alat musik petik yang dikembangkan oleh budak Afrika di Amerika Serikat, dan merupakan gabungan beberapa alat musik Afrika. Nama banjo umumnya dianggap berasal dari istilah Kimbundu, mbanza.
8.      Gitar bass
Gitar bass elektrik adalah alat musik dawai yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya. Penampilannya mirip dengan gitar listrik tapi ia memiliki tubuh yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan biasanya memiliki empat senar
9.      Kecapi Liu
tergolong dalam alat musik jenis Piba, karena terbuat dari kayu pohon Liu dan bentuknya juga mirip daun pohon Liu, maka disebut Kecapi Liu atau Kecapi Daun Liu.
10.  Yangqin
adalah alat musik gesek dan pukul Tiongkok. Suaranya nyaring dan mempunyai daya ekspresif yang kuat, sehingga mempunyai kedudukan penting dalam pertunjukan musik tradisional.



ALAT MUSIK PUKUL
1.      Kolintang atau kulintang
adalah alat musik yang terdiri dari barisan gong kecil yang diletakkan mendatar. Alat musik ini dimainkan dengan diiringi oleh gong tergantung yang lebih besar dan drum
2.      CALUNG
Calung adalah alat musik Sunda yang merupakan prototipe (purwarupa) dari angklung. Berbeda dengan angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan, cara menabuh calung adalah dengan memukul batang (wilahan, bilah) dari ruas-ruas (tabung bambu) yang tersusun menurut titi laras (tangga nada) pentatonik (da-mi-na-ti-la)
3.      ARUMBA
Arumba adalah ensemble musik dari berbagai alat musik yang terbuat dari bambu. Arumba lahir sekitar tahun 1960-an di Jawa Barat Indonesia, saat ini menjadi alat musik khas Jawa Barat. Arumba termasuk ensembel berarti termasuk seni musik
4.      Tamborin
adalah alat musik perkusi yang dimainkan dengan cara ditabuh dan digoyangkan. Tamborin menghasilkan suara gemerincing yang dapat dipadukan dengan suara tabuhan dari bagian membrannya.
5.      Drumset
adalah kumpulan alat musik pukul yang sangat penting dalam perkembangan musik modern. Sebuah drumset biasanya terdiri dari 3 macam perangkat yang digabung menjadi satu kesatuan.
6.      Simbal
adalah sebuah alat musik yang telah dimainkan sejak Zaman kuno. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul.
7.      Gong
merupakan sebuah alat musik pukul yang terkenal di Asia Tenggara dan Asia Timur. Gong ini digunakan untuk alat musik tradisional. Saat ini tidak banyak lagi perajin gong seperti ini. Gong yang telah ditempa belum dapat ditentukan nadanya.
8.      Kendang atau kendhang
adalah instrumen dalam gamelan Jawa Tengah dan Jawa Barat yang salah satu fungsi utamanya mengatur irama. Instrument ini dibunyikan dengan tangan, tanpa alat bantu. Jenis kendang yang kecil disebut ketipung, yang menengah disebut kendang ciblon/kebar.
9.      BELLYRA
Adalah salah satu alat musik yang digunakan sebagai melodi drum band, cara memainkannya dengan cara dipukul.
10.  Xylophone
adalah instrumen sejenis gambang yang terdiri dari bilahan-bilahan (papan) dari kayu. Bilahan-bilahan tersebut tersebut tersusun seperti tuts pada instrumen piano. Dibawah papan terdapat pipa-pipa yang berfungsi untuk sebagai resonansinya.




ALAT MUSIK TIUP
1.      Harmonika
adalah salah satu alat musik tiup. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan meniup dan menghisap lubang untuk menghasilkan suara. Harmonika berasal dari alat musik tradisional Cina yang bernama 'Sheng'.
2.      Recorder
merupakan alat musik melodis yang sumber bunyinya berasal dari tekanan udara (aerophone) dan dimainkan dengan cara ditiup.
3.      Tuba
adalah salah satu jenis alat musik tiup yang terbuat dari logam. Tuba merupakan alat musik dengan ukuran terbesar dan suara terrendah dalam keluarga alat musik brass.
4.      Suling
adalah alat musik dari keluarga alat musik tiup kayu atau terbuat dari bambu. Suara suling berciri lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya dengan baik.
5.      Flute
merupakan alat musik tiup yang termasuk dalam keluarga woodwind, alat musik ini ada yang terbuat dari logam namun ada juga yang terbuat dari kayu.
6.      Fagot atau basun
adalah sebuah jenis alat musik tiup yang terbuat dari kayu. Fagot terbagi atas pipa panjang berbentuk "U" dan logam berbentuk "S" dengan lidah ganda
7.      Trompet
adalah alat musik tiup logam. Terletak pada jajaran tertinggi di antara tuba, eufonium, trombon, sousafon, French horn, dan Bariton.
8.      Melodika atau pianika
adalah alat musik tiup kecil yang dimainkan dengan tiupan langsung atau memakai pipa lentur yg dihubungkan ke mulut
9.      Klarinet
adalah instrumen musik dari keluarga woodwind. Namanya diambil dari penambahan akhiran "-et" yang berarti "kecil" pada kata Itali "clarino" yang berarti "trompet". Sama seperti saksofon, klarinet dimainkan dengan menggunakan satu reed.
10.  Saxophone
adalah instrumen yang masih tergolong dalam aerophone, single-reed woodwind woodwind instrument. Saksofon biasanya terbuat dari logam dan dimainkan menggunakan single-reed seperti klarinet.